Profil & Buku Tamu

Blog ini adalah blog Abu Muhammad Abdul Mu’thi Al-Maidani, pengajar Ma’had Al-Anshar, Desa Wonosalam, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Silakan tinggalkan kesan dan pesan Anda di tempat yang tersedia.

Jazakumullahu khairan.

NB:

1. Kami mohon ma’af yang sebesar-besarnya karena kami tidak bisa menampilkan komentar anda bila logo anda adalah gambar makhluq bernyawa.

“Manusia yang paling keras siksanya di hari kiamat nanti yaitu orang-orang yang menggambar (makhluq bernyawa)”. (HR. Al-Bukhari)

2. Kami mohon ma’af yang sebesar-besarnya bila kami terlambat untuk mengupdate tulisan atau komentar para pengunjung blog ini, karena kesibukan dan agenda kami yang padat.

3. Kami nasehatkan kepada ikhwan salafiyyin yang menjadi bloger untuk bertakwa kepada Allah. Hendaknya mereka memanfaatkan blog-blog itu untuk menyebarkan dakwah kepada Allah di atas manhaj salaf dengan cara yang bijak dan hikmah. Tentunya, bijak dan hikmah yang sesuai dengan Al Quran dan As Sunnah dengan pemahaman Salaf. Bukan bijak dan hikmah versi Ikhwanul muslimin, Sururiyyin, pembela Abdur Rahman Abdul Khaliq, dan Jum’iyyah Ihyaut Turots yang plin-plan dan membuat kabur kebenaran. Hendaknya mereka tidak membuang-buang waktu dengan menanggapi orang-orang yang tidak menginginkan kebenaran.
Hendaknya mereka menyampaikan kebenaran di atas ilmu dan membantah kebatilan dengan ilmu bukan semangat belaka. Jangan sampai mereka menjadi sebab manusia lari dari kebenaran.
Hendaknya mereka menggunakan bahasa yang baik, ilmiyyah, dan berbobot bukan bahasa gaul yang tidak pantas bagi seorang salafy. Bila mereka tidak mampu menjadikan blog-blog mereka sebagai sarana yang mengandung maslahat dan jauh dari kerusakan, baik bagi mereka maupun orang lain, saya nasehatkan agar mereka menyibukkan diri dengan ilmu dan amal, lalu serahkan perkara dakwah kepada ahlinya. Karena segala yang kita ucapkan, tuliskan, dan lakukan akan dimintai pertanggung jawabannya disisi Allah, dan Allah Maha tahu atas segalanya.
Semoga Allah merahmati barangsiapa yang tahu akan kadar dirinya. Wallahu a’lam bish shawab

43 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Bismillah.
    Ustadz, bagaimana dengan saran ikhwah yang menginginkan dibuka sarana tanya jawab, kapan bisa dimulai? Insyaallah akan banyak bermanfaat untuk ikhwah yang berkecimpung di dunia maya ini.
    Semoga dalam waktu dekat.
    Barokallahu fikum.


    Insyaallah ana pertimbangkan.

    Wafiika baarakallah

  2. assalamu’alaikum…

    Ustadz, kalo antum temukan kesalahan di dalam situs ana, mohon segera diberi tahu.

    Jazakallaahu khairan

  3. Assalamu’alaikum

    Jazakallah tulisannya. Barakallahu laka.

  4. Assalamu’alaykum

    Ana minta ijin untuk meng-copy artikel judul “Tauhid” untuk materi buletin jum’at untuk 2 atau 3 edisi di cilegon-banten. dan beberapa artikel Ustadz lainnya untuk dipublikasikan.

    jazakallaahu khairan


    Wa’alaikumussalaam warahmatullaah

    Ana mengizinkan bagi siapa saja yang ingin menyebarkan artikel-artikel yang terdapat di dalam blog ini dengan tujuan dakwah dan tidak untuk yang selainnya.

    Baarakallahu fiikum.

  5. Bismillah,

    Assalaamu’alaikum

    Salam kenal dari ana ustadz, Baarakallaahu fiik.


    Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh

    Waanta Baarakallahu fiik.

  6. Alhamdulillah sangat luas sekali ilmu pengetahuan khususnya Ilmu Agama yang haq guna memperjuangkan yang haq dan menumpas yang batil. Sangat luar biasa sekali upaya dakwah yang dilakukan oleh ikhwan ahlus sunnah dengan memanfaatkan media blog sampai-sampai para pengamat IT pernah menyatakan kepada saya bahwa ikhwan ahlus sunnah adalah para pengemban amanah dakwah yang selalu terdepan dikala menggunakan salah satu bentuk kemajuan teknologi. Semoga Allah memberikan Barokah kepada Ikhwan semua.

  7. Assalamualaikum Ustadz

    Ana mengoleksi rekaman CD kajian mp3 antum dalam jumlah banyak. Doakan ana seorang La Adri At Tilmidzi sekali saja dalam doa antum (atau lebih) untuk bisa berusia panjang guna mendidik anak dan istri dan memastikan mereka sll dalam naungan Ahlus Sunnah wal Jamaah baik dalam ilmu, amal, jihad dan dakwah.

    Jazakallahu khoir wa barokallahu fiikum.


    Wa’alaikumussalaam

    Saya do’akan semoga Allah menjadikan anta sebagai seorang penuntut ilmu yang baik.

    Waanta Baarakallahu fiik.

  8. trimakasih atas artikel2nya

  9. website anda luar biasa! INTERAKTIF! website anda menggugah semangat saya. rasanya saya ingin sering-sering mengunjungi website ini. trim’s.

  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    ana dapat kabar dari ikhwan yang dari lombok kalau wordpress ini adalah dari al hujjah yang dulu th 98-99 ana kenal dilombok saat ta’lim dengan ust fauzi dan ustadz2 yang lain
    apa benar wordpress ini ada hubungan dengan buletin al hujjah lombok ya ustadz?
    jazakallah khairon
    Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh


    Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh

    Alhamdulillah, secara pengelolaan, blog ini tak ada kaitannya dengan buletin Al Hujjah yang antum sebutkan. Adapun secara pemahaman, saya tidak tahu tentang buletin yang antum maksud. Baarakallahu fiik

  11. Alhamdulillah. saya bisa belajar di sini. saya minta artikel tata cara mandi wajib. terima kasih.

  12. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Ustadz, tolong diadakan sejenis forum tanya jawab terutama tentang permasalahan2 dikehidupan sehari-hari (pergaulan, cara bersikap trhdp orang lain,…dsb).

  13. Assalamu alaikum,
    subhanAllah, di sini banyak ilmu, wa jazakallah khair.
    Ada artikel2 penting yang ingin saya print untuk keperluan sendiri, agar lebih mudah dibaca. Sayang saat dicopy paste dengan MS Word tulisan Arab pada hadits dan ayat jadi kacau, kebalik-balik. Gimana solusinya ya (saya tidak bisa nulis Arab dengan komputer).
    Kalau dibiarkan salah apakah tidak apa-apa.

    syukron


    Jawab:
    Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh
    Baarakallaah fiik, saya kira masalah itu bisa ditanyakan saja kepada yang punya ke ahlian untuk mengcopynya dengan baik. Yassarallaahu umuurana

  14. Kalau boleh usul, mudah-mudahan ke depan artikel-artikelnya bisa di-pdf atau downloadable Word/dijadikan ebooks.

    jazakallah khair

  15. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Saya mau tanya ttg blog fakta -http://fakta.blogsome.com-

    saya sudah lama tahu ttg fitnah Surury, tepatnya sejak 2004-2005. Namun hingga awal 2007 saya masih ngaji dengan mereka dan blog saya berisi artikel dan kajian dari asatidz Surury. Hal ini disebabkan saya alergi melihat sepak terjang yang terkesan galak dan kurang adab dari sebagian ikhwan Salafy. Saya ndak suka dengan sikap seperti itu yang galak dan tidak menaruh rasa belas kasihan bahkan membuat bingung orang awam, seperti Saya. Hal itulah yang membuat saya terus menjauh dari Salafy bahkan memberi nasihat kepada temen2 untuk tdak ambil pusing melihat tingkah Salafy dan mengajak mereka untuk terus menuntut ilmu kepada Abdul hakim Abdat, yazid Jawas, Zainal Abidin, dan lainnya dan semisalnya. Hal ini terus berlanjut.

    Hingga kemudian di awal 2007 saya semakin tidak tenang hingga ahirnya Allah memberikan ketetapan kepada saya untuk pindah majelis untuk memindahkan tempat duduk saya bermualazamah menuntut ilmu kepada asatidz Salafy, diawali dengan menghadiri daurah dua hari di Karawang bersama Al Ustadz Muhammad Umar As Sewed dan Abdurrahman Lombok, lalu semua daurah-dauarah Salafy saya datangi, saya juga memborong semua rekaman mp3 asatidz di seluruh indonesia, sebagian saya download di internet sebagian lagi minta kiriman dari sahabat dakwah di luar daerah.

    Sungguh 3 tahun saya bertahan di Surury karena akibat dari kejamnya blog fakta yang menjauhkan saya dari Salafiyyin. Ketika saya telah menjadi Salafy saya paksa-paksakan diri untuk mencintai blog fakta, kami paksakan untuk membaca semuanya. Namun hasilnya tetap sama seperti dulu, membuat kami pusing dan pegel bacanya. Istri saya malah berkata, “ini orang gak ada kerjaan, dia kaya mata-mata yang ada di film, kan kasihan orang awam” Dan mmg pernyataan istri saya iyakan.

    Saya mau tanya :

    Apakah Ustadz tahu siapa yang berada di balik cadar blog fakta ?
    Apakah ketika melihat isinya, ustadz merekomendasikan untuk kami ?
    Apakah blog fakta adalah blog Salafy ?
    Apa nasihat ustadz kepada kami selanjutnya ?

    Mohon penjelasan yang jelas dan gamblang disertai dgn hujjah dan dalil sehingga ini bisa kami jadikan acuan dalam bersikap. Saya pikir efek blog fakta kepada org awam sungguh sangat keterlaluan.

    Barokallahu fiika wassalmualaikum warohmatullahi wabarokatuh


    Jawab:
    Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh
    Terkait dengan pertanyaan antum tentang blog fakta -http://fakta.blogsome.com- , saya nasehatkan kepada segenap ikhwan salafiyyin untuk tidak menghiraukannya. Anggaplah keberadaannya seperti tidak ada. Blog itu tidak mewakili dakwah yang mulia ini dan asatidzah yang menyerukannya. Setahu saya blog itu tidak dikelola dan ditulis oleh orang-orang yang berilmu. Hendaknya para pengelola blog itu bertaqwa kepada Allah. Kewajiban mereka untuk menyerahkan urusan dakwah ini kepada orang-orang yang telah diberi amanah ilmu oleh Allah. Orang-orang yang bodoh sebagaimana yang dinyatakan oleh para ulama kita: “mereka membuat kerusakan dari arah yang mereka menyangkanya adalah perbaikan”. Segala yang mereka perbuat akan dimintai pertanggung jawabannya disisi Allah. Termasuk ketika blog itu menjadi bumerang atas dakwah yang mulia ini sehingga memalingkan manusia dari jalan Allah. Barangsiapa yang memperburuk wajah dakwah yang mulia ini niscaya Allah tidak akan membiarkannya. Bisa jadi Allah menyesatkan seseorang pada suatu masa karena dia memiliki andil dalam menjauhkan manusia dari jalan Allah. Oleh karena itu, saya mengajak para pengelola blog itu untuk meninggalkannya dan bergiat untuk menuntut ilmu. Masih banyak ilmu yang harus mereka pelajari. Serahkan urusan dakwah yang mulia ini kepada ahlinya. Karena apa yang meraka lakukan itu adalah tugas para ulama, da’I, atau ustadz untuk menyampaikannya kepada manusia, baik melalui lisan maupun tulisan, dengan ilmu dan hujjah dari kitabullah beserta sunnah Rosulullah shallallahu ‘alaihi wasallam atas pemahaman salaf yang dihiasi dengan ketelitian, kehati-hatian, dan cara yang benar, bukan semata-mata dengan meracau melalui fakta yang mereka temukan. Wallahu A’lam Bish Shawab.

  16. alhamdulillah..akhirnya hadir juga blog2 ahlusunnah seperti ini. jazakallah ya ustadz. dan salam untuk ustadz dari ikhwan malang

    barakallahu fiyk..


    Jawab:
    ‘Alaika wa ‘alaihimussalaam, waanta baarakallaahu fiik.

  17. Assalamu’alaikum

    ustadz, tahdzir pd situs fakta juga dimuat di
    http: sunny.wordpress.com tetapi tambahannya banyak skali, tdk ilmiah. bahkan dimasukkan kategori hizbiyyah.

    tahdzir antum pada fakta juga dimuat di http:ghuroba.blogsome.com tanpa tambhan, tetapi jg dimasukkan kategori firqah-hizbiiyah.

    benarkah pengelola fakta tlah terjatuh dlm hizbiyyah ? hizbiyah apa namanya ? mohon petunjuk ustadz. jgua pnting buat ihwan, mohon dimuat di blog ini jg. jazakumullahu khairan.


    Jawab:
    Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarakaatuh,
    saya tidak mengatakan bahwa pengelola blog fakta sudah terjatuh kedalam hizbiyyah, hendaknya yang menukil menjaga amanah ilmiyyah ini. Saya juga menghimbau mereka supaya tidak menambahinya dengan berbagai komentar yang lain, sehingga nasehat itu tidak keluar dari maksud yang diinginkan dengannya. Saya khawatir bahwa berbagai komentar itu malah memperburuk nasehat tersebut. Baarakallaahu fiik

  18. Assalamu’alaikum.
    Bagaimana khabar Ustadz, keluarga dan santri di sana?
    Mohon informasinya apakah tahun ini ada lagi Dauroh Masyayeikh di Jogja?


    Jawab:
    Wa’alaikumussalaam,
    Alhamdulillah semuanya baik2 dalam lindungan dan rahmat Allah. Insyaallah, tahun ini masih akan ada daurah masayikh di yogya, sekitar awal agustusan. Baarakallahu fiik

  19. assalaamu’alaykum

    bolehkan berorganisasi?seperti dikampus-kampus

    bagaimana kalau kampus mewajibkan untuk mahasiswanya aktive dalam organisasi, apakah ahsan memasuki organisasi yang bergerak dalam islam dan mengikuti kepengurusannya agar bisa memperbaiki dari dalam?
    harap nasihatnya

    jazaakumullohu khoyron wa baarokallohu fiikum


    Jawab:
    Wa’alaikumussalaam warahmatullaah
    Pada asalnya, berorganisasi itu boleh selama tujuannya adalah sekedar untuk bersosialisasi dan mengatur pekerjaan dengan baik. Tetapi kenyataannya bahwa kebanyakan -jika tidak seluruhnya- dari organisasi-organisasi itu mengandung berbagai praktek yang melanggar agama Allah. Termasuk yang paling parahnya yaitu hizbiyyah (kefanatikan kepada golongan). Praktek yang menyimpang ini bisa dikatakan sangat identik dengan berbagai organisasi bahkan yang mengatasnamakan islam sekalipun. Fenomena ini yang membuat sedih hati setiap orang yang mengenal sunnah Rosulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dengan baik. Umat islam telah terpecah-belah
    akibat penyakit hizbiyyah ini. Semoga Allah memberi petunjuk kepada kita semuanya. Baarakallaahu fiikum

  20. Bismillaahir Rahmaanir Rahiimi

    Alhamdulillaah, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya, para shahabatnya dan orang-orang yang mengikuti beliau dengan baik hingga hari akhir…

    Amma ba’du,

    Masih berkaitan dengan blog fakta, ada beberapa musykilah yang masih mengganjal di hati kami.

    Sebagaimana yang telah Ustadz nasihatkan kepada ikhwah salafiyyin agar tidak menghiraukan blog fakta. Namun keadaannya justru si pemilik blog fakta tidak menghiraukan nasihat ustadz.

    Si pemilik blog tersebut malah mencari-cari kesalahan Abu Tilmidz (orang yang menanyakan tentang blog fakta kepada Ustadz)

    Padahal yang saya ketahui dari Abu Tilmidz – wallaahu A’lam- bahwa dirinya memang telah ruju’.Meskipun yang namanya manusia tidaklah terlepas dari kesalahan.

    Dan seperti biasa, bahwa pemilik blog fakta tersebut tidaklah membantah dengan hujjah dari Kitaabullah dan Sunnah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Meskipun mereka mungkin menganggap yang mereka tampilkan adalah kebenaran yang wajib disampaikan kepada ummat.

    Dan saya pribadi termasuk di antara manusia yang merasa terganggu dengan cara dan metode da’wah blog fakta. Semoga Allah Ta’ala memberikan petunjuk kepada kami dan mereka.

    Pernah terpikir oleh saya untuk menanyakan hal ini pada beberapa asaatidzah salafiyyin yang mengisi kajian di Jakarta, dan walhamdulillah justru ustadz Abdul Mu’thi-lah yang pertama kali memberikan nasihat kepada blog fakta.Jazaakumullaahu khairan

    Demikian sedikit “uneg-uneg” pribadi saya kepada Ustadz. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Baarakallaahufiikum…


    Jawab:
    Memang sikap pengelola/penulis blog fakta tak sesuai dengan tuntunan Al-quran dan As-Sunnah dalam menerima nasehat. Disini saya ingin kembali menegaskan untuk ikhwan sekalian agar tidak menghiraukan blog itu. Anggaplah keberadaannya seperti tidak ada. Nasehat yang saya sampaikan itu murni demi kebaikan mereka tanpa terpengaruh pertanyaan atau kepentingan apapun. Bila nasehat sudah tidak bermanfaat, maka biarlah Allah yang akan membela agamanya. Allah berfirman (yang artinya):
    “Dan berilah peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman”. (Adzdzaariyaat: 55)
    Menerima nasehat adalah ciri khas orang-orang yang beriman. Wallahu A’lam Bish Shawab

  21. Assalaamu’alaykum… semoga Alloh mengangkat derajat bangsa Indonesia dengan semakin menyebarnya dakwah yang haq ini dan semakin banyak umat yang mendapatkan hidayah darinya. Ya Alloh, tetapkanlah keimanan dalam diri kami. Berilah kami kekuatan untuk senantiasa istiqomah dalam Ad Dien ini…
    Barrokallohu fiikum.

  22. Assalamu’alaykum….

    Alhamdulillah, memang sebaiknya pengelolaan web untuk da’wah harus langsung para asatidzah yang tangani agar tidak terjadi penafsiran yang macam-macam dalam mengutip pernyataan para ulama ataupun pernyataan asatidzah yang lain, terkhusus yang berhubungan dengan hizbiyyah.

    Semoga para asatidzah Ahlus Sunnah As Salafy yang lainnya dapat mengikuti jejak ini demi menyebarkan da’wah yang Haq ini.

    Allohulmusta’an.

  23. baarakallaahu fiik.

    salam kenal dari ana ustadz, dari pekanbaru.

  24. Assalamualaikum,., barokallohufikum, salam kenal dr p qerto,,.,.,.,.,.,

  25. Asslmkm…. salam kenal utk ikhwan smua,, barakllhfikm

  26. Ya ikhwan2 doakan smoga dakwah salaf di Sabang cepat berkembang ya, smoga ahlusunnah jaya di nusantara, amien ya Rabbal’alamin

  27. Semoga dakwah salafy di Indonesia di mudahkan Allah Subahana Wata’ala.

  28. subhanallah ternyata masih ada orang yang peduli dengan islam melalui blog ini pada jaman edan ini

  29. bismillah
    Assalamualaykum Ustadz,
    salam kenal dari ana, ana sering ikut ta’lim ustadz tiap hari rabu diMPR

    Barakallahu Fiik

  30. Barokallahu fiik, semoga blog ini bisa menjadi penyebaran dakwah salaf yang menggunakan bahasa-bahasa yang lemah lembut, agar orang semakin mendekat bukan menjauh

  31. Assalamualaikum,

    semoga blog ini tepat bagi para pengujung seperti saya..

  32. assalamu’alaikum waromatullahi wabarokatuh

    alhamdulillah, ana sangat senang ada blog yang diasuh oleh ustadz seperti antum. ana sebagai seorang tholabul-ilmi yg masih pemula juga sangat berharap agar dai para pengusung dakwah salaf bisa bersatu, agar para penuntut ilmu yang tertarik dengan dakwah ini tidak bingung bahkan kembali menjauhi dakwah salaf. terakhir, ana meminta nasihat dari ustadz untuk bisa terus istiqomah dalam manhaj yg haq ini.

    jazakallahu khoir wa barokallahu fiik.


    Jawab:

    Wa’alaikumussalam waromatullahi wabarokatuh

    Marilah kita selalu bertakwa kepada Allah dan memohon rahmat-Nya. Semoga Allah melindungi kita semuanya dari berbagai kesesatan..

  33. Mudah-mudahan Alloh memberikan hidayah padaku dan pada saudara-saudaraku sekalian.

    Mohon bimbingannya jika saya terjatuh dalam kesalahan.

  34. Assalamu’alaykum warahmatullahiwabarakatuh.
    Ana copy artikelx. Smg brmanfaat. Terima kasih

  35. Assalamualaikum …, mampir untuk berkunjung

  36. assalammualaikum. semoga situs ini bermanfaat bagi umat.

  37. artikel nya bagus bgtt….
    alhamdulillah bsa mnambah ilmu saya…

  38. assalamualaikum
    blog yg bagus
    boleh tukeran link
    jika berkenan ngelink blog ana insya allah ana link balik
    syukron

  39. Assalamu’alaikum ustadz.mohon terus menambah tulisan-tulisan yang bermanfaat, kok udah nggak ada tulisan baru lagi? Semoga Allah memberikan kepada kita istiqomah di atas manhaj yang haq ini.

  40. Assalamu alaikum Ustadz boleh ana link blog ustadz ke blog saya?


    Jawab:

    boleh saja…baarakallahu fiik

  41. sy adalah orang yang masih awam, alhamdulillah sy tlh menghindari berkumpul dlm majelis surury. tapi saya blm trlalu tahu hakikat mereka jika dilihat dari kajian2 mereka. karena tidak terlihat bedanya. semoga ustadz berkenan memberikan penjelasan tentang hal tersebut dengan memberikan rekomendasi buku, situs yang bisa sy pelajari. Barokallohufiikum.

  42. Jazakallah Khoiron, doa teruntuk ustadz yang telah berpartisipasi dalam dakwah dengan hadirnya blog ini..
    Untuk foto-foto Ma’had di Yaman, silahkan kunjungi :
    http://www.my.opera.com/negeriulama/albums
    kunjungi juga blog kami
    http://www.assamarindy.wordpress.com

  43. alhamdulillah. kutemukan lagi situs salafy. Ustadz ana dulu sering hadir dipengajian antum di Jogja…. Emm jadi kangen nich…. Barokallohu fiik. Ardi-siak-riau


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: